XMsD68HnejBXABBaSiR3nl4DhiBV28OkDfbqDe4F

“Cerita Di Kampus Ungu” Bincang Dekanat dalam Gelanggang Teater

Foto: Wartawan Philosofisonline.id

Kamis, 8 Agustus 2024, Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta (FBSB UNY), menyelenggarakan acara Bincang Dekanat bertajuk “Cerita di Kampus Ungu”. Kegiatan yang bertempat di Performance Hall itu, dikemas dalam bentuk teatrikal. Menariknya, melibatkan petinggi fakultas dan mahasiswa. Perhelatan ini, bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, yang telah dimulai sejak minggu lalu.

Bintang, selaku koordinator acara menuturkan, kegiatan ini menjadi sarana pengenalan bagi mahasiswa baru. Mulai dari kegiatan akademik hingga jajaran dekanat secara langsung.


“Para aktor yang bermain, turut berasal dari jajaran dekanat. Mulai dari dekan, wakil dekan bidang akademik, dan beberapa petinggi dekanat lain. Mereka berkolaborasi dengan sejumlah mahasiswa, dalam memerankan lakon yang disuguhkan,” ucap Bintang, ketika diwawancarai wartawan Philosofisonline.id.


Ia menambahkan, kegiatan ini sengaja disuguhkan dalam bentuk teatrikal, agar menarik perhatian mahasiswa baru. Latar pentas pun, dibuat menyerupai gedung-gedung yang ada di fakultas. Hal ini untuk mengenalkan rangkaian gedung di FBSB.


Selain itu, bertujuan membawa mahasiswa baru, seakan sedang menjalani aktivitas perkuliahan. Baik kegiatan yang berasal dari dalam, maupun luar kampus.


Pihak dekanat yang berperan dalam pementasan, diantaranya Prof. Nur Hidayanto, S. Pd., M. Pd., Ph.D selaku dekan FBSB UNY, Dr. Elsa Liliani, S. S., M. Hum selaku wakil dekan bidang akademik, Dr. Cipto Budy Handoyo, M. Pd selaku wakil dekan bidang keuangan dan Dr. Zulfi Hendri, M. Sn selaku wakil dekan bidang riset, kerjasama dan usaha. 


Naskah yang ditulis oleh Gesit Nurdin tersebut menceritakan seluk beluk kehidupan kampus yang ada di FBSB. Mulai dari perkuliahan, organisasi, pertemanan, sampai suka-duka menjadi mahasiswa di fakultas ungu itu.


Tidak berhenti disitu, acara itu juga melangsungkan pembacaan visi dan misi, perolehan beasiswa, hingga ragam fasilitas oleh jajaran dekanat. Semuanya dibalut dalam narasi yang riuh namun mendalam.


Para mahasiswa baru terkesima dan menikmati suguhan, dengan decak kagum. Mereka merasa balutan pengenalan kampus, dapat tersampaikan dengan apik.


“Di situ kami melihat bagaimana kakak-kakak mahasiswa, berakting dengan sangat natural. Juga pendalaman karakter yang kuat dan maksimal. Tak lupa, tersaji berbagai kegiatan organisasi mahasiswa di fakultas. Sehingga dapat memahami seluk beluk kegiatan, saat perkuliahan sudah berlangsung”, ucap Arnel, seorang mahasiswa baru, dengan decak kagum.


Ia menambahkan, kegiatan yang tersaji di luar ekspektasi.


“Gelaran PKKMB FBSB luar biasa. Jauh dari ekspektasi awal. Bincang dekanat dalam bingkai teaterikal, performance dari HIMA, dan ragam materi yang disampaikan membuat aku ngga boring, ketika menikmatinya”, tutupnya.


Hisyam Billya

Editor: Wisnu Yogi

Reporter: Hisyam Billya dan Sabrina Nurul Iza


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar